Rabu, 19 Oktober 2011

Pentingnya sistem informasi akuntansi


Anda mungkin seorang dokter. Anda mungkin seorang guru. Anda mungkin seorang pengusaha. Anda mungkin seorang tentara. Apapun profesi Anda, sadar atau tidak sadar Anda banyak melibatkan informasi akuntansi. Anda menerima slip gaji setiap akhir bulan, atau Anda menerima faktur tagihan dari pemasok. Saat melakukan aktivitas menerima slip pembayaran seperti itu sebenarnya Anda sedang menerima informasi akuntansi. Suatu sistem informasi yang dapat menghasilkan informasi seperti itu disebut sistem informasi akuntansi.
Tentu saja, keterlibatan Anda dalam sistem informasi akuntansi berbeda-beda. Saat ini Anda bisa berperan sebagai penerima informasi. Akan tetapi, lebih dari itu, Anda juga bisa berperan sebagai orang yang terlibat jauh di dalamnya. Misalnya Anda bekerja di bagian akuntansi yang mencatat transaksi hingga menyiapkan laporan keuangan. Sistem informasi akuntansi tentunya berkaitan dengan lingkungan bisnis perusahaan.
Bila Anda berprofesi sebagai akuntan, maka sistem informasi akuntansi menjadi suatu keahlian yang penting bagi Anda.
1. Hampir seluruh perusahaan, baik di Indonesia maupun mancanegara saat ini telah menggunakan komputer sebagai bagian yang integral dari sistem informasinya. Informasi ini begitu penting. Oleh karena itu manajemen data dan penyusunan laporan keuangan yang dibutuhkan menjadi lebih kompleks dan fungsinya bervariasi. Anda perlu untuk memiliki keterampilan dalam menggunakan sistem informasi berbasis komputer agar fungsi-fungsi yang ada di perusahaan bisa berjalan dengan efektif.
2. Sebagai akuntan, Anda akan selalu terlibat dengan sistem informasi akuntansi dalam seluruh pekerjaan Anda. Peran Anda tidak terbatas sebagai pemakai sistem tersebut, akan tetapi Anda bisa saja dilibatkan sebagai pengembang sistem informasi akuntansi di perusahaan Anda. Sebagai akuntan, setidaknya Anda diharapkan mampu untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi.
3. Sistem informasi, baik software maupun hardware berkembang dengan pesat. Perkembangan tidak hanya di dalam kemampuan atau kecepatan komputer semata, akan tetapi juga jenis pelayanan yang bisa diberikan oleh sisem. Sebagai akuntan, Anda tidak boleh melihat kondisi ini sebagai ancaman. Kemajuan tidak terelakkan. Ini adalah sebuah peluang.
Anda dan saya hidup di sebuah abad atau era informasi. Information is power. Oleh karena itu sebuah sistem yang dapat mengalirkan informasi yang stabil dan dapat diandalkan mejadi sangat penting. Hal tersebut akan memungkinkan manajemen perusahaan untuk membuat keputusan perencanaan dan mengontrol kegiatan atau operasi mereka secara efisien. Selain itu, perusahaan yang telah mampu untuk menggunakan informasi dengan efektif akan mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar